Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran

 

NAMA            : TINI LESTARI

NIM                : 7101418025

MEDIA PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Dosen Pengampu : Agung Kuswantoro S.Pd.,M.Pd.

 

1.      Media apa yang rencananya akan saya buat?

Sebelumnya Apa yang dimaksud dengan Media Pembelajaran? Media Pembelajaran adalah alat alat bantu yg digunakan untuk menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar, mulai dari buku sampai penggunaan perangkat elektronik dikelas. Dalam pengertian lain, media pembelajaran adalah bahan, alat atau segala sumber daya yang digunakan dalam proses penyampaian informasi guru kepada murid. Baik berbentuk fisik ataupun piranti lunak.Fungsi Atensi adalah menarik perhatian siswa agar semakin berkonsentrasi dan memusatkan perhatian pada isi materi pelajaran

1.      Fungsi Afektif adalah kenyamanan siswa ketika belajar atau membaca. Misalnya teks bergambar

2.      Fungsi Kognitif Mempermudah memahami dan mengingat informasi

3.      Fungsi Kompensantoris Mengakomodasi/membantu siswa yang lemah dan lambat menerima pelajaran yang disajikan secara verbal atau teks

Karena kita saat ini sedang mengalami masa- masa pandemic akibat adanya covid-19 maka sebagai pengajar mau tidak mau menggunakan pembelajaran e-learning. E-learning sendiri adalah media pembelajaran berbasis elektronik yang memanfaatkan computer/laptop yang terhubung dengan jaringan internet. Media pembelajaran ini adalah media modern yang sudah banyak diterapkan. Media pembelajaran Administrasi Perkantoran yang akan saya buat atau akan saya terapkan Adalah Mata Kuliah Arsip dimana menggunakan media E-Arsip.

2.      Alasan Saya menggunakan media E-Arsip

Arsip elektronik adalah definisi lain dari Elektronic Archive (e-Archive) yang artinya yaitu suatu sistem atau tata cara mengumpulkan informasi dalam bentuk dokumen yang direkam dan disimpan memakai teknologi komputer berupa dokumen elektronik (Document Management System/e-Documents) yang bertujuan supaya dokumen mudah dilihat, dikelola, ditemukan dan dipakai kembali. Alasannya yaitu kebanyakan dalam pengarsipan dokumen atau data diarsipkan secara manual. Dengan adanya pandemic atau pembelajaran E-learning kali ini dalam pengarsipan dokumen kali ini tidak dapat dilakukan secara manual atau arsip manual. Nah kali ini bagaimana dokumen-dokumen tersebut bisa dijadikan satu diarsipkan menjadi satu adalah dengan membuat E-Arsip. Untuk Alat yang digunakan untuk E-arsip sendiri yaitu menggunakan google drive sendiri yang nanti akan ada berbagai sistem penyimpanan arsip surat bisa diarsipkan sesuai dengan  sistem penyimpanan arsip. Manfaat dan keuntungandari adanya Media E-arsip ini adalah sebagai berikut:

1.      Memudahkan kita dapam pencarian data

2.      Data tidak akan rusak jika kita menggunakan penyimpanan arsip secara manual dokumen yg kita arsipkan bisa saja akan dimakan usia.

3.       Ramah Lingkungan.

4.      Mendorong pelaksana mematuhi pengelolaan arsip elektronik sesuai prosedur

5.      Menjamin terpenuhinya kebuktian, akuntabilitas, dan ketentuan hukum pelaksanaan pengelolaan arsip elektronik

6.      Keamanan akses arsip elektronik dari pihak yang tidak berkepentingan.

7.      Terjamin terekamnya informasi yang terkandung dalam lembaran arsip.

8.      Sebelum memasukan surat ke masing masing sistem penyimpanan

9.      Sebelum memasukan surat ke masing masing sistem penyimpanan

Sebelum memasukan surat ke masing masing sistem penyimpanan terlebih dahulu kita membuat filling cabinet firtual di google drive. Dalam e-arsip ini terdapat 6 sistem penyimpanan yaitu sistem abjad, sistem tanggal, sistem wilayah, sistem desimal, sistem terminal digit dan sistem pokok soal.

Setelah itu menentukan sistem penyimpanan apa yang kita pake. Contohnya kita akan pakai sistem abjad maka klik sistem abjad dan pilih kode penyimpanannya. Otomatis data telah tersimpan di filling cabinet firtual.

  

 

 

 

 Penilaian Sikap Religius

1.1    Teknik        : Observasi

1.2    Instrumen   : Lembar Observasi 

Penilaian Sikap Religius

No

Nama

Aspek Penilaian

Total

Berdoa sebelum memulai dan mengakhiri pelajaran

Memberikan salam sebelum dan sesudah presentasi

Mensyukuri atas karunia Tuhan

1.

Tini Lestari

 

 

 

 

 2.

 Aliyatun naja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian Sikap Sosial

       Penilaian Sikap Sosial

2.1    Teknik        : Observasi

2.2    Instrumen   : Lembar Observasi

 

 

No

Nama

Aspek Penilaian

Total

Berdiskusi dengan teman

Tanggung jawab

Kerajinan

Kerajinan

Kepedulian

Ramah dengan teman

1.

Tini Lestari

 

 

 

 

 

 

 

2.  

 Aliyatun naja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

      Penilaian Pengetahuan

        Penilaian Pengetahuan

3.1    Teknik        : Pertanyaan lisan

3.2    Instrumen   : Soal

 

NO

Materi

Kisi Kisi

C1

C2

C3

C4

C5

1

Mengetahui Konsep dasar dan teori pengelolaan arsip

 

 

 

 

 

2

Menguasai konsep umum tentang dokumentasi,

dokumen, pengarsipan dan arsip;

 

 

 

 

 

3

Menguasai konsep umum, prinsip dan teknik

dokumentasi (mencari, mengumpulkan, menyusun,

menyelidiki, meneliti, mengolah, memlihara dan

menyiapkan dokumen baru)

 

 

 

 

 

4

Menguasai tata cara menyimpan arsip di aplikasi yang sudah disediakan

 

 

 

 

 

5

Menguasai pengetahuan operasional lengkap tentang

aplikasi tekonologi informasi yang mungkin relevan dengan kegiatan kearsipan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C1 : Mengingat           C4 : Menganalisis

C2 : Memahami          C5 : Mengevaluasi

C3 : Menerapkan

 Penilaian Ketrampilan

       Penilaian Ketrampilan

4.1    Teknik        : Penilaian Praktek

4.2    Instrumen   : Penugasan Praktek

·         Tugas Praktek

Guru mengarahkan siswa untuk bersiap siap menuju lab komputer untuk melalukan praktek kearsipan dengan sistem online. Lalu guru memberikan sebuah link google drive yang sudah di buat oleh guru sesuai dengan sistem arsip. Guru menerangkan kepada siswa mengenai model dan sistem yang ada di google drive tersebut untuk di implementasikan dalam pengelolaan arsip secara online. Setelah diberi penjelasan guru akan meminta siswa untuk mencoba melakukan pengelolaan arsip seperti menyimpan, mencari dan mengolah arsip sesuai dengan sistem penyimpanan yang sudah ditentukan seperti abjad, tanggal dan wilayah.

 

Rubrik Pengamatan Penilaian

NO

Nama

Aspek yang dinilai

 

Ketepatan mencari letak penyimpanan sesuai sistem

Ketepatan menyimpan arsip

Ketepatan memberi nama file sesuai sistem

Kecepatan dalam mencari asip yang sudah disimpan

 

1

Tini Lestari

 

 

 

 

 2.

 Aliyatun naja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Penilaian

Sangat Baik/ A    :  skor 91-100

Baik/ B                 : 76-90

Cukup/ C             :  61-75

Cukup Baik/ BC  : 56-60

Kurang/ K            :  skor dibawah 56

 

 

 

 



Komentar