Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran
NAMA :
TINI LESTARI
NIM :
7101418025
MEDIA
PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
Dosen
Pengampu : Agung Kuswantoro S.Pd.,M.Pd.
1. Media
apa yang rencananya akan saya buat?
Sebelumnya
Apa yang dimaksud dengan Media Pembelajaran? Media Pembelajaran adalah alat
alat bantu yg digunakan untuk menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar,
mulai dari buku sampai penggunaan perangkat elektronik dikelas. Dalam
pengertian lain, media pembelajaran adalah bahan, alat atau segala sumber daya
yang digunakan dalam proses penyampaian informasi guru kepada murid. Baik
berbentuk fisik ataupun piranti lunak.Fungsi Atensi adalah menarik perhatian
siswa agar semakin berkonsentrasi dan memusatkan perhatian pada isi materi
pelajaran
1.
Fungsi Afektif adalah kenyamanan siswa ketika belajar
atau membaca. Misalnya teks bergambar
2.
Fungsi Kognitif Mempermudah memahami dan mengingat
informasi
3.
Fungsi Kompensantoris Mengakomodasi/membantu siswa yang
lemah dan lambat menerima pelajaran yang disajikan secara verbal atau teks
Karena
kita saat ini sedang mengalami masa- masa pandemic akibat adanya covid-19 maka
sebagai pengajar mau tidak mau menggunakan pembelajaran e-learning. E-learning
sendiri adalah media pembelajaran berbasis elektronik yang memanfaatkan
computer/laptop yang terhubung dengan jaringan internet. Media pembelajaran ini
adalah media modern yang sudah banyak diterapkan. Media pembelajaran
Administrasi Perkantoran yang akan saya buat atau akan saya terapkan Adalah
Mata Kuliah Arsip dimana menggunakan media E-Arsip.
2. Alasan
Saya menggunakan media E-Arsip
Arsip elektronik adalah definisi lain dari Elektronic Archive
(e-Archive) yang artinya yaitu suatu sistem atau tata cara mengumpulkan
informasi dalam bentuk dokumen yang direkam dan disimpan memakai teknologi
komputer berupa dokumen elektronik (Document Management System/e-Documents)
yang bertujuan supaya dokumen mudah dilihat, dikelola, ditemukan dan dipakai
kembali. Alasannya yaitu kebanyakan dalam
pengarsipan dokumen atau data diarsipkan secara manual. Dengan adanya pandemic
atau pembelajaran E-learning kali ini dalam pengarsipan dokumen kali ini tidak
dapat dilakukan secara manual atau arsip manual. Nah kali ini bagaimana
dokumen-dokumen tersebut bisa dijadikan satu diarsipkan menjadi satu adalah
dengan membuat E-Arsip. Untuk Alat yang digunakan untuk E-arsip sendiri yaitu
menggunakan google drive sendiri yang nanti akan ada berbagai sistem
penyimpanan arsip surat bisa diarsipkan sesuai dengan sistem
penyimpanan arsip. Manfaat dan keuntungandari adanya Media E-arsip ini adalah
sebagai berikut:
1.
Memudahkan kita dapam pencarian data
2.
Data tidak akan rusak jika kita menggunakan penyimpanan
arsip secara manual dokumen yg kita arsipkan bisa saja akan dimakan usia.
3.
Ramah Lingkungan.
4.
Mendorong pelaksana mematuhi pengelolaan arsip
elektronik sesuai prosedur
5.
Menjamin terpenuhinya kebuktian, akuntabilitas, dan
ketentuan hukum pelaksanaan pengelolaan arsip elektronik
6.
Keamanan akses arsip elektronik dari pihak yang tidak
berkepentingan.
7.
Terjamin terekamnya informasi yang terkandung dalam
lembaran arsip.
8.
Sebelum memasukan surat ke masing masing sistem penyimpanan
9.
Sebelum memasukan surat ke masing masing sistem penyimpanan
Sebelum
memasukan surat ke masing masing sistem penyimpanan terlebih dahulu kita
membuat filling cabinet firtual di google drive. Dalam e-arsip ini terdapat 6
sistem penyimpanan yaitu sistem abjad, sistem tanggal, sistem wilayah, sistem desimal,
sistem terminal digit dan sistem pokok soal.

Setelah
itu menentukan sistem penyimpanan apa yang kita pake. Contohnya kita akan pakai
sistem abjad maka klik sistem abjad dan pilih kode penyimpanannya. Otomatis data
telah tersimpan di filling cabinet firtual.

1.1 Teknik
: Observasi
1.2 Instrumen : Lembar Observasi
Penilaian Sikap Religius
|
No |
Nama |
Aspek Penilaian |
Total |
||
|
Berdoa sebelum
memulai dan mengakhiri pelajaran |
Memberikan salam
sebelum dan sesudah presentasi |
Mensyukuri atas
karunia Tuhan |
|||
|
1. |
Tini Lestari |
|
|
|
|
|
2. |
Aliyatun naja |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Sikap Sosial
Penilaian Sikap Sosial
2.1 Teknik
: Observasi
2.2 Instrumen
: Lembar Observasi
|
No |
Nama |
Aspek Penilaian |
Total |
|||||
|
Berdiskusi dengan
teman |
Tanggung jawab |
Kerajinan |
Kerajinan |
Kepedulian |
Ramah dengan teman |
|||
|
1. |
Tini Lestari |
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Aliyatun naja |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan
3.1 Teknik
: Pertanyaan lisan
3.2 Instrumen
: Soal
|
NO |
Materi |
Kisi Kisi |
||||
|
C1 |
C2 |
C3 |
C4 |
C5 |
||
|
1 |
Mengetahui Konsep
dasar dan teori pengelolaan arsip |
|
|
|
|
|
|
2 |
Menguasai konsep umum tentang dokumentasi, dokumen, pengarsipan
dan arsip; |
|
|
|
|
|
|
3 |
Menguasai konsep umum, prinsip dan teknik dokumentasi (mencari, mengumpulkan, menyusun, menyelidiki, meneliti, mengolah, memlihara dan menyiapkan dokumen baru) |
|
|
|
|
|
|
4 |
Menguasai tata cara menyimpan arsip di aplikasi yang
sudah disediakan |
|
|
|
|
|
|
5 |
Menguasai pengetahuan operasional lengkap tentang aplikasi tekonologi informasi yang mungkin relevan
dengan kegiatan kearsipan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C1 :
Mengingat C4 :
Menganalisis
C2 :
Memahami C5 :
Mengevaluasi
C3 : Menerapkan
Penilaian Ketrampilan
Penilaian Ketrampilan
4.1 Teknik
: Penilaian Praktek
4.2 Instrumen
: Penugasan Praktek
· Tugas
Praktek
Guru mengarahkan siswa untuk bersiap siap
menuju lab komputer untuk melalukan praktek kearsipan dengan sistem online.
Lalu guru memberikan sebuah link google drive yang sudah di buat oleh guru
sesuai dengan sistem arsip. Guru menerangkan kepada siswa mengenai model dan
sistem yang ada di google drive tersebut untuk di implementasikan dalam
pengelolaan arsip secara online. Setelah diberi penjelasan guru akan meminta
siswa untuk mencoba melakukan pengelolaan arsip seperti menyimpan, mencari dan
mengolah arsip sesuai dengan sistem penyimpanan yang sudah ditentukan seperti
abjad, tanggal dan wilayah.
Rubrik Pengamatan Penilaian
|
NO |
Nama |
Aspek yang dinilai |
|
|||
|
Ketepatan mencari letak penyimpanan sesuai sistem |
Ketepatan menyimpan arsip |
Ketepatan memberi nama file sesuai sistem |
Kecepatan dalam mencari asip yang sudah disimpan |
|
||
|
1 |
Tini Lestari |
|
|
|
|
|
|
2. |
Aliyatun naja |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penilaian
Sangat Baik/ A : skor 91-100
Baik/
B
: 76-90
Cukup/
C : 61-75
Cukup Baik/ BC : 56-60
Kurang/
K : skor dibawah 56
Komentar
Posting Komentar